Jakarta – Sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dan pengamanan keuangan negara, Kementerian Keuangan melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2018 pada Kementerian/Lembaga.

Bertempat di Gedung Djuanda 1, Kemenkeu Jakarta pada Kamis (4/10/2018) siang dilaksanakan acara tersebut, dengan menghadirkan 26 Kementerian/Lembaga, salah satunya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diwakili Sekretaris Utama BNPT Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi S.T., melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

BNPT mendapatkan 15 Lulusan PKN STAN yang akan ditempatkan di lingkungan BNPT. Sestama BNPT berharap dengan adanya sumber daya manusia yang mengerti keuangan tata kelola keuangan BNPT akan lebih baik dalam melaksanakan pengelolaan anggaran-anggaran keuangan di BNPT.

“Harapan ke depannya BNPT dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2018, terkait dengan kelembagaan, nanti BNPT akan dikembangkan, tentunya ini perlu sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi keuangan untuk melaksanakan tugas-tugas terkait good governance dan clean government , ” ujar Marsda A. Adang.

Lebih lanjut, Beliau menegaskan penempatan 15 lulusan PKN STAN di BNPT harus dilakukan dengan penilaian pada individu masing-masing agar ditempatkan sesuai sasaran.

” Secara mentalitas juga akan kita lihat, akan kita assesment juga, jangan sampai salah menempatkan orang-orang tersebut dalam tugas-tugas ke depan, ” ujar Sestama.

Acara ini merupakan tindaklanjut alokasi Lulusan Tahun 2018 pada Kementerian/Lembaga yang ditempatkan di 26 Kementerian/Lembaga meliputi Kominfo, Kemenkes, Kemen-BUMN, Ombudsman, Bappenas, Kemenperin, Bawaslu, Kemendikbud, BPPT, Kemenhub, Komnas HAM, Kemenko bidang Perekonomian, Kemenko bidang PMK, Kemenko Maritim, Kemendagri, Kemensos, Kemenaker, Kemen PUPR, Kemendes, KemenPAN-RB, Kemenpora, Lemhanas, PPATK dan BNPT. Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Dr. Hadiyanto, SH / Sekjen Kemenkeu berharap dengan penempatan Lulusan PKN STAN ini tata kelola keuangan dan laporan keuangan pemerintah pusat dapat lebih baik lagi.

“Jadi dengan penempatan lulusan STAN ini, diharapkan pengelolaan keuangan akan lebih baik karena lulusan STAN telah digembleng dengan pengetahuan keuangan negara, pajak, pengetahuan perbendaharaan negara, sehingga masing-masing k/l dapat menyajikan laporan keuangan pemerintah pusat yang benar dan lebih baik lagi “ucapnya.