Jakarta – BNPT menggelar acara Pisah Sambut bagi pejabat Eselon I dan III yang bertempat di Hotel The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada hari Selasa (30/07) malam. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M.H., Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi serta sejumlah pejabat BNPT setingkat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan BNPT.

Hadir pula di tengah para undangan beberapa mantan pejabat BNPT yaitu Mayjen TNI (Purn) Abdul Rahman Kadir dan Mayjen TNI (Purn) R. Gautama Wiranegara, S.E. serta sejumlah Kelompok Ahli BNPT yaitu Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H., Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, Prof. Iwan Gardono Sujatmiko, juga anggota dan pengurus Ikatan Dharma Wanita Persatuan BNPT.

Pergantian pejabat di lingkungan BNPT, merupakan proses yang wajar dalam manajemen pemerintahan karena pentingnya pembinaan karir dan kaderisasi kepemimpinan yang dilaksanakan secara terbuka dan adil. Dengan pergantian pejabat ini, diharapkan akan ada penyegaran dan inovasi baru oleh pejabat baru yang memiliki wawasan yang handal dan kompeten sesuai bidangnya.

Lebih lanjut, acara ini dilaksanakan untuk melepas tugas Irjen Pol. Drs. Hamidin yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT karena pengalihan tugas dari instansi asal yaitu Kepolisian Republik Indonesia menjadi Kapolda Sulawesi Selatan. Irjen Pol. Drs. Hamidin mengawali karier di BNPT sejak tahun 2015 sebagai Direktur Pencegahan pada Kedeputian Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT.

Selama mengabdi di BNPT inovasi dan dedikasi beliau tercermin pada pencapaian-pencapaian yang tidak hanya diakui secara nasional, tetapi juga diakui dunia internasional contohnya berulang kali membawa BNPT menjadi tuan rumah dan co-host dalam forum internasional dan mendorong keanggotaan penuh indonesia dalam Financial Action Task Force (FATF) dan sebagainya.

Saat acara berlangsung, Irjen Pol. Drs. Hamidin menyampaikan bahwa selama ini Kepala BNPT telah menjadi sosok inspiratif khususnya dalam hal menulis buku dan cara Kepala BNPT terjun langsung untuk melihat langsung permasalahan di lapangan. Pengalaman kerja di BNPT sangat aplikatif dan dapat diterapkan saat menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. “Dari sisi pembelajaran sendiri, saya belajar banyak dari Kepala BNPT khususnya bagaimana kita melakukan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga, setelah menjadi Kapolda juga masih terpakai. Semua ini saya dapat di BNPT,” ujar Irjen Pol. Drs. Hamidin.

Andika Chrisnayudhanto yang telah dilantik pada 19 Juli yang lalu, menggantikan Irjen Pol. Drs. Hamidin sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional yang baru. Selaku personel Kementerian Luar Negeri yang telah mengabdi kepada BNPT sejak tahun 2017, diharapkan tugas yang berkenaan dengan hubungan diplomasi dengan negara lain, organisasi Internasional maupun koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dapat berjalan lebih optimal.

Acara malam hari ini juga merupakan rangkaian dari acara pelantikan dan pelepasan tugas Kasubdit Konvensi dan Resolusi Internasional dari Maulana Syahid, SE, MPP., kepada Victor Josef Sambuaga dan Kasubdit Kerja Sama Regional BNPT dari Dionnisius Elvan Sasono, S.Sos., M.S kepada Raden Usman Effendi.

Menutup kegiatan, Kepala BNPT berharap dengan bertambahnya beban yang dipikul BNPT, apalagi dengan pengembangan struktur organisasi dan tata kerja yang baru, seluruh elemen BNPT dapat bersama-sama menghadapi tantangan kedepannya. Kesempatan ini harus dimanfaatkan bagi pejabat yang baru dilantik untuk membuktikan kapasitasnya dengan untuk mencurahkan pikiran dan tenaga untuk melaksanakan tugas baru yang diemban. Momen pisah sambut ini dinilai dapat menjadi pengingat untuk senantiasa menjalin komunikasi dan mempererat tali silaturahmi antar keluarga besar BNPT.

“Ini tugas yang berat dan harus kita rapatkan barisan. Atas nama pribadi dan keluarga besar BNPT berharap jalinan komunikasi dan silaturahmi kita tidak pernah putus. BNPT akan selalu menyambut dengan tangan terbuka atas saran dan masukan yang bermanfaat bagi kemajuan lembaga ini dalam menanggulangi terorisme,” tutup Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M.H.