Sleman – BNPT Video Festival telah mencapai puncak acara dengan digelarnya Malam Anugrah Indonesia Damai 2017. Acara ini diselenggarakan di Hotel Eastparc, Sleman, DIY, pada Jumat (8/12/2017) malam.

Malam penganugerahan ini mengundang seluruh 10 nominasi pemenang dari lomba film pendek dan lomba karya jurnalistik. Pada acara tersebut, diumumkan pemenang dari rangkaian lomba film pendek, puisi, dan karya tulis jurnalistik.

Tak hanya peserta lomba, berbagai elemen masyarakat turut hadir. Beberapa di antaranya ialah budayawan dan sastrawan Yogya, tokoh pemuda-pemudi Yogya, Kepala Kesbangpol wilayah DI Yogyakarta, Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta, Kapolda DI Yogyakarta dan seluruh Ketua 32 FKPT se-Indonesia. Sementara dari kalangan BNPT hadir Kepala BNPT Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Abdul Rahman adir, Direktur Pencegahan BNPT, Ir. Hamli M.E., dan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat, Dr. Andi Intang Dulung, M.HI.

Kepala BNPT, Drs. Suhardi Alius, M.H dalam sambutannya mengapresiasi semangat dan antusiasme seluruh peserta yang telah mengikuti proses lomba. Ia juga mengatakan bahwa kontribusi peserta menjadi masukan untuk menanggulangi terorisme dan radikalisme.

“Kearifan lokal menjadi yang utama di sini, karena akar masalah terorisme dan radikalisme di setiap daerah tidak sama dan yang mengetahui persis adalah masyarakat provinsi tersebut. Karena memerangi terorisme dan radikalisme tidak selalu menggunakan hard approach. Soft approach seperti ini tak kalah bermanfaat, dimana masyarakat dan pemuda dapat terlibat dan mengembangkan penanggulangan terorisme menggunakan seni,” ujar Kepala BNPT.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang yang dibacakan oleh dewan juri lomba video dan lomba karya tulis jurnalistik. Para pemenang yang kemudian menerima piala dan hadiah menarik, telah melewati proses seleksi ketat dewan juri yang profesional dan ahli di bidangnya. Berikut daftar pemenang lomba Video Pendek BNPT:

  1. Kategori Youtube Viewer terbanyak

Paku Merah Putih “MAN 2 Probolinggo, Jawa Timur”

  1. Kategori Video Cerita Terbaik
  • Juara 3 : Kebenaran Yang Terjadi “SMAN 1 Liwa, Lampung”
  • Juara 2 : Pusaka Si Mbah “SMKN 1 Krismantoro, Jawa Tengah”
  • Juara 1 : Bendera Getah Getih “SMAN 1 Pacitan, Jawa Timur”
  1. Kategori Video Terbaik
  • Juara 3 : Hormat Bendera “SMKN 3 Ternate, Maluku Utara”
  • Juara 2 : Kibaran “SMAN 7 Banda Aceh”
  • Juara 1 : Distorsi “SMAN 2 Madiun, Jawa Timur”

 

Berikut daftar pemenang lomba Karya Tulis Jurnalistik:

–  Nominee Utama:

  • Judul Wujud Toleransi Beragam Jadikan Papua, oleh Indrayadi Thamrin, dari Cendana News
  • Judul Saling Membantu Hari Keagamaan, Tak Permasalahkan warga pindah agama, oleh Desi Wulandari, dari Radar Sampit
  • Judul Mau Asapon, Aboge atau Pemerintah, Semua tak masalah, dari Suara Merdeka
  • Judul Pesan Mengharukan dari Hasim, oleh Fransiskus Pati Herin, dari Kompas
  • Pemenang harapan 3 :    Judul Senjata atau Mie Aceh di Tengah Persimpangan eks Teroris, oleh S. Yugo Hindarto, dari CNN Indonesia
  • Pemenang harapan 2 :    Judul Tapak Pelatihan Teorisme di Jalin, oleh Muhajir, dari www.beritatagar.id
  • Pemenang harapan 1 :    Judul Pekik Merdeka Para Mantan Kombatan, oleh Sujatmiko, dari www.beritatagar.com
  • Juara 3 :    Judul Menyatukan Perbedaan Membangun Kerukunan, oleh Joko Suroso, dari Magelang Ekspress
  • Juara 2 :    Judul Agar Khilafah Behenti Berjaya, oleh Anang Zakaria, dari www.beritagar.com
  • Juara 1 :    Judul Susahnya Mantan Teroris Kembali ke Masyarakat, oleh M. Amir Tedjo Sukmono, dari Rapper

 

Selain mengumumkan pemenang lomba film pendek, puisi dan karya jurnalistik, di Malam Anugrah ini, BNPT juga melakukan launching 2 buku berisi karya hasil lomba. Buku-buku tersebut berjudul “Akulah Damai” dan “Memelihara Kearifan Mencegah Radikalisme”. Buku “Akulah Damai” berisi 292 puisi karya sastrawan dr 32 provinsi. Jumlah itu merupakan seleksi dari total 400-an puisi yg berhasil dihimpun bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan Dialog Pelibatan Komunitas Seni dan Sastra dalam Pencegahan Terorisme melalui FKPT di 32 Provinsi se-Indonesia sepanjang bulan Maret – November 2017. Dan buku “Memelihara Kearifan Mencegah Radikalisme”  yang merupakan kumpulan 32 naskah terbaik dari lomba karya tulis jurnalistik yang bersifat Indepth Report sebagai bentuk apresiasi atas keterlibatan media massa pers dan jurnalis dalam pencegahan terorisme.

Ditemui seusai acara, Kepala BNPT mengakui animo para peserta yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Merujuk pada tahun 2016 dengan masuknya 96 karya video pendek, tahun ini mengalami peningkatan mencapai 517 karya video pendek.

“Ini menunjukkan bahwa anak muda kita semakin semangat dalam berkarya secara positif. Acara ini sangat baik dalam merangkul seluruh stakeholder dengan menggunakan pendekatan seni dalam mengemas pesan damai untuk masyarakat. Kegiatan ini perlu dilanjutkan, karena dengan kompetisi kualitas karya akan meningkat dan pesan damai akan terus diterima masyarakat,” ujar Suhardi.