Bogor – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menerima kunjungan para peserta diklat PIM III Kementerian Komunikasi dan Informatika di Ruang Rapat Utama Gedung A BNPT, Sentul, Bogor pada Kamis (07/09/17). Kunjungan ini dalam rangka pengayaan wawasan pengetahuan untuk para peserta diklat PIM III yang diharapkan mampu memperkuat sinergi antara BNPT dan Kominfo.

Kepala Biro Perencanaan Hukum dan Humas BNPT, Bangbang Surono, Ak, MM menyambut baik kedatangan peserta diklat PIM III yang dipimpin langsung Kepala Pusdiklat Kominfo Usuluddin.

Dihadapan peserta diklat yang tergabung dari BNPT, Kominfo, dan TVRI, Karoren memaparkan tentang tugas dan fungsi BNPT. Bangbang juga sampaikan peran strategis BNPT dalam mengkoordinasikan penyusunan kebijakan, strategi dan program penanggulangan terorisme.

“BNPT dan Menkopolhukam berkoordinasi dan bersinergitas dengan melibatkan sebanyak 32 Kementerian/Lembaga dalam program penanggulangan terorisme,” tegas Bangbang.

Ia juga berharap dengan adanya kunjungan dari peserta diklat mampu melakukan kerja sama dalam menanggulangi kejahatan di dunia maya. Demi memperkuat sinergi dalam menanggulangi situs-situs di dunia maya yang berbau radikalisme dan terorisme.

“Dengan adanya kunjungan ini saya harap nanti BNPT dan Kominfo juga bisa bekerja sama, termasuk tentang kejahatan di dunia maya,” jelasnya.

Masih di gedung A BNPT, para peserta mengunjungi ruang Pusat Data dan Komunikasi Media (PUSAKA) dan mengenal produk-produk BNPT di dunia maya. Setelah melontarkan beberapa pertanyaan, para peserta dan pejabat BNPT pun foto bersama.

Para peserta kemudian melanjutkan kunjungan ke Gedung C BNPT untuk menerima paparan kegiatan Kedeputian I. Selain memahami fungsi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan seputar bidang pencegahan, perlindungan dan deradikalisasi melalui pemaparan oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, peserta juga berkesempatan mengenal Pusat Media Damai BNPT.