BNPT Terima Kunjungan United Nation Resident Coordinator

0
160

Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., menerima kunjungan dari United Nation Office of the Resident Coordinator in Indonesia, Anita Nirody, di salah satu Kantor Kementerian, yang terletak di Kawasan Jakarta Pusat pada Rabu (16/8/17) sore. Berbagai perwakilan dari UN hadir mendampingi Anita Nirody, seperti Country Manager UNODC, Collie Brown, Country Director UNDP, Christopher Bahuet dan UN Women, Lily Puspasari.

Dalam pertemuan ini, UNRC membahas seputar program apa saja yang dilakukan Indonesia khususnya BNPT dalam membuat berbagai aksi nasional. Mantan Kabareskrim Mabes Polri menyebutkan, BNPT telah melakukan berbagai rencana aksi nasional.

“BNPT sudah ada produk yang bisa digunakan untuk mengembangkan rencana aksi nasional, contohnya blueprint pencegahan, perlindungan dan deradikalisasi. Kemudian BNPT menjadi koordinator dari 32 kementerian/lembaga dalam penanggulangan terorisme,” tukas Suhardi Alius.

Mantan Kapolda Jawa Barat ini juga mengatakan bahwa keberhasilan Indonesia dalam program-program deradikalisasi dan juga kontraradikalisasi merupakan bukti nyata kerja dari BNPT.

“Ini terbukti contohnya dalam pembangunan masjid Al Hidayah di Deli Serdang, Sumatera Utara dan juga di Lamongan, Jawa Timur, yang sejauh ini ditempati oleh mantan-mantan teroris. Tapi disitu justru ada pendekatan oleh BNPT dengan cara mendekati mereka, dari sikap mereka yang keras menjadi agak lunak, lunak dalam arti tidak dalam kekerasan tetapi secara damai,” kata Suhardi.

Peran serta program kerja BNPT menjadi alasan bagi organisasi internasional kenegaraan ini untuk bertukar informasi dan melakukan penelitian dalam program mereka bertajuk Prevent and Counter Violent Extremism.