Jakarta – Upacara pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT yang baru, Brigjen TNI Hendri Paruhuman Lubis telah dilaksanakan. Upacara Pelantikan tersebut dihadiri Kepala BNPT, Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. selaku Inspektur Upacara.

Upacara pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 107/TPA Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Di dalam keputusan tersebut menyatakan untuk memberhentikan dengan hormat Mayjen. TNI (Purn) Abdul Rahman Kadir dari jabatannya sebagai Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT sehubungan dengan berakhirnya masa tugas karena memasuki usia pensiun. Keputusan dilanjutkan dengan pengangkatan Brigjen TNI Hendri Paruhuman Lubis sebagai Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, menggantikan kedudukan Deputi sebelumnya.

Bertempat di salah satu gedung Kementerian di Jakarta, upacara berlangsung pada Senin(24/9) sore. Termasuk dalam upacara tersebut adalah pengambilan sumpah jabatan secara Islam dan penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan oleh Sestama BNPT Marsekal Muda TNI A. Adang Supriyadi dan Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Brigjen Pol. Drs. Budiono Sandi, S.H., M.Hum. Turut hadir dalam upacara mantan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen. TNI (Purn) Abdul Rahman Kadir, jajaran pejabat BNPT setingkat Pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat pengawas, dan Ibu-Ibu Ikatan Dharma Wanita Persatuan BNPT.

Upacara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala BNPT. Dalam sambutannya Komjen. Pol. Suhardi Alius, M.H. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mantan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT atas dedikasi dan pengabdian Bapak Mayjen TNI (Purn) Abdul Rahman Kadir selama menjabat.

Dharma bakti mantan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT tersebut telah berlangsung sejak BNPT berdiri hingga masa purnawirawan. Selama itu Bapak Abdul Rahman Kadir telah mewariskan kontribusi gagasan, saran dan karya yang menjadi bagian dari sumbangsih kemajuan BNPT. Berikut capaian-capaian pengembangan inovatif selama masa bakti Bapak Abdul Rahman Kadir:

  1. Pengemasan aspek Kontra Radikalisasi pencegahan Terorisme di dunia maya melalui Pusat Media Damai (PMD) dan pembentukan relawan perdamaian melalui dunia maya di 12 provinsi;
  2. Peningkatan kewaspadaan dan deteksi dini di 32 provinsi dengan pelibatan masyarakat melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dalam bidang agama, pendidikan, kepemudaan, media dan penelitian;
  3. Program pembinaan narapidana terorisme sebagai aspek Deradikalisasi di puluhan lapas dan rutan, program pembinaan mantan narapidana dan keluarganya, serta pembangunan Pusat Deradikalisasi BNPT;
  4. Persoalan keamanan fasilitas pemerintah dan lingkungan publik, terobosan peran BNPT dalam perlindungan korban aksi terorisme dalam aspek perlindungan.

Kepada Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT yang baru, Brigjen TNI Hendri Paruhuman Lubis beliau mengucapkan selamat bertugas dan selamat bergabung dengan keluarga besar BNPT. Di kesempatan ini, mantan Sekretaris Lemhannas tidak lupa memberi arahan terkait tugas dan amanat di lingkungan BNPT.

Kepala BNPT juga mengingatkan agar Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT terlantik dapat segera menyesuaikan diri dan cepat memahami tugas dan tanggung jawabnya di BNPT. Juga diingatkan oleh Kepala BNPT terkait program-program Kedeputian Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT yang menjadi sorotan dalam negeri dan internasional perlu terus ditingkatkan dan dijaga kualitasnya.