Jakarta – Kinerja suatu Lembaga Pemerintahan diartikan sebagai hasil dari kegiatan dan program pemerintah yang dicapai sehubungan dengan penggunaan anggaran. Mengukur dari kuantitas dan kualitas program dan pelaksanaan yang dihasilkan, sepatutnya manfaat dan dampak dari outcome program berdampak terhadap kesejahteraan dan keamanan masyarakat. Mengkaji hal ini, BNPT menyelenggarakan Rapat Evaluasi Capaian Kinerja 2019.

Bertempat di Ballroom Mezzanine Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rapat Evaluasi Capaian Kinerja BNPT untuk pertama kalinya digelar pada Senin(23/12) pagi. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan BNPT tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang capaian kinerja tahun 2019 yang disampaikan setiap unit kerja setingkat Eselon I.

Dalam sambutan pembuka oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., disampaikan pentingnya mengukur prestasi dan kinerja. Hal ini kian krusial di mana BNPT menjadi salah satu stakeholder penanggulangan radikal terorisme yang terus mengancam keamanan negara. Karenanya hasil dari tiap unit kerja dituntut dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan menyentuh masyarakat.

“Sel-sel tidur sedang bangun, ditambah dengan politik identitas yang memperkeruh persatuan kesatuan kita. Di penghujung tahun kita harus evaluasi, pasti ada yang kurang dan ada yang lebih. Kita lihat dan ukur bersama sejauh mana kemampuan kita dalam merencanakan hingga mengimplementasikannya. Kita betul-betul harus akselerasi,” ujar mantan Sestama Lemhannas tersebut.

Dalam kegiatan ini tiap eselon I mempresentasikan hasil capaian dan kinerja dari tiap unit kerja. Di antaranya ialah Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi dari Unit Kesettamaan , Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Irjen Pol. Drs. Budiono Sandi,M.Hum, Deputi Bidang Kerja Sama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto, dan Inspektur, Buntoro, Ak., M.Ak.

Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas BNPT, Bangbang Surono, Ak., M.M., selaku ketua panitia mengatakan dalam rapat evaluasi hasil inisiatif Kepala BNPT melihat capaian kinerja sudah cukup baik. Melalui serangkaian proses saran dan kritik usai paparan, evaluasi semakin diperkaya dengan masukan dari pelaksana-pelaksana tiap unit kerja.

“Rata-rata sudah mencapai 98-100%, menandakan kinerja BNPT sudah cukup baik. Tapi ini menjadi masukan berarti untuk program ke depannya, jangan sampai kita terbelenggu dan monoton. Di harapkan kita dapat menelurkan inovasi-inovasi baru sehingga penanggulangan terorisme di Indonesia bisa efektif dan aktif di kancah Internasional,” ujar Bangbang Surono.