Bogor – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme sebagai Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK) sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam menjalankan upaya penanggulangan terorisme, terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu reformasi dan birokrasi. Untuk menilai upaya tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melaksanakan tugas tahunan mengevaluasi perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Bertempat di Kantor BNPT Bogor, pada Selasa (17/9) kunjungan Kemenpan-RB diawali dengan entry meeting. Sebanyak 8 ASN Kemenpan-RB yang dipimpin Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan I, Kamaruddin, Ak., M.Sc. selaku penanggung jawab tim.

Tim asesmen Kemenpan-RB tersebut akan melakukan evaluasi dan penilaian perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap BNPT serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan. Evaluasi yang akan dilaksanakan meliputi evaluasi Reformasi Birokrasi Internal BNPT dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019.

Kunjungan pejabat dan pegawai Kemenpan-RB tersebut disambut oleh Sekretaris Utama BNPT, Marsekal Muda TNI Dr. A. Adang Supriyadi, S.T., M.M., berserta jajaran. Dalam sambutannya Sestama BNPT menyambut baik kedatangan tim asesmen dan mengharapkan evaluasi akan berdampak baik bagi kinerja dan pelayanan BNPT selaku lembaga pemerintah.

Adapun dalam melakukan asesmen tersebut BNPT telah melaksanakan kewajiban dan kesiapan untuk memberikan akses data dan informasi yang dibutuhkan tim evaluator dan mengoordinasikan dan membantu pelaksanaan evaluasi dalam mengumpulkan dan menyampaikan data yang dibutuhkan oleh tim. Terhadap hasil evaluasi, BNPT akan mengoordinasikan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi terhadap instansi pemerintah agar dicapai perbaikan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Kunjungan dilanjutkan dengan melaksanakan penilaian akuntabilitas terhadap kinerja internal BNPT. Penilaian tersebut dilakukan dengan melaksanakan survey, wawancara, diskusi, pengecekan serta observasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini internal BNPT mengisi survei integritas organisasi dan jabatan pegawai BNPT.