Jakarta – Dalam rangka menyambut serta mempersiapkan penyelenggaraan Program Sinergisitas antar K/L dalam penanggulangan terorisme Tahun 2019, BNPT menyelenggarakan Rapat Koordinasi. Rapat Koordinasi tersebut mendiskusikan Pelaksanaan Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga Program Penanggulangan Terorisme di Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Jawa Timur, bertempat di salah satu Gedung Kementerian pada Kamis (21/2).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pelaksana sekaligus Sekretaris Utama BNPT, Dr. Asep Adang Supriyadi, S.T., M.M. Rapat dihadiri oleh peserta pewakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Keuangan, Densus 88 AT Polri, PPATK, Kementerian BUMN, Kementerian Kominfo, LPSK, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Bappenas, Kemenko PMK, Kemenko Perekonomian, dan beberapa kementerian/lembaga lainnya yang tergabung dalam Sinergisitas Kementerian/Lembaga dalam Penanggulangan Terorisme.

Rapat ini menitikberatkan pada ucapan terima kasih dan apresiasi dari Ketua Pelaksana Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga dalam penanggulangan terorisme tahun 2018 kepada semua pelaksana sinergisitas antar kementerian/lembaga yang telah menyumbangkan pikiran dan tenaganya dalam kesuksesan pelaksanaan Sinergisitas K/L di tahun 2018.

“Kesuksesan Sinergisitas tahun 2018 tidak akan tercapai sebagaimana yang diapresiasi oleh Bapak Menkopolhukam beberapa waktu lalu apabila tanpa kerja keras dari teman-teman Kementerian/Lembaga lainnya yang ikut andil dalam pelaksanaan program ini,” ujar Sestama BNPT dalam sambutannya.

Suksesnya program Sinergisitas K/L tahun 2018 ditayangkan melalui video flashback kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di tahun 2018. Penayangan video Sinergisitas K/L 2018 tersebut bertujuan untuk memicu seluruh elemen pelaksana program sinergisitas agar dapat meningkatkan pelaksanaan Sinergisitas K/L tahun 2019.

Lebih lanjut, Sestama BNPT menyuarakan harapan untuk pelaksanaan Sinergisitas K/L tahun 2019 agar dapat lebih baik lagi daripada pelaksanaan Sinergisitas K/L tahun 2018. Harapan itu disampaikan dihadapan para peserta yang hadir. Kualitas dan semangat pelaksanaan program Sinergisitas K/L tahun 2018 perlu dijaga dan harus ditingkatkan mengingat Program Sinergisitas K/L tahun 2019 mengalami penambahan lokus yakni Provinsi Jawa Timur.

Untuk mendukung kegiatan program Sinergisitas K/L tahun 2019, BNPT dalam hal ini tengah mempersiapkan payung hukum sebagai dasar selama pelaksanaan Sinergisitas K/L tahun 2019. Sehingga K/L yang tergabung dalam program sinergisitas tidak perlu ragu dalam menetapkan rencana aksi masing-masing K/L dalam mendukung program Sinergisitas K/L tahun 2019.

Rapat koordinasi ini ditutup dengan berbagai masukan dan saran dari Kementerian/Lembaga lain yang tergabung dalam program sinergisitas. Masukan dan saran tersebut tentunya membangun untuk Sinergisitas K/L tahun 2019 akan lebih baik.