Bentuk Calon Pemimpin NKRI Masa Depan, Kepala BNPT Ajak Milenial FEB UI Awasi Ancaman-ancaman NKRI

Depok – Tepat setahun lalu dimana Kepala BNPT mengisi Talkshow menyambut mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. kembali memberikan paparan kepada kurang lebih 820 mahasiswa baru FEB UI.

Bertempat di Auditorium Soerja Atmadja, Gedung Dekanat FEB UI, Depok, Talkshow “Peran Generasi Milenial dalam Menjaga Kesatuan NKRI” berlangsung pada Rabu (21/8) pagi. Talkshow tersebut merupakan rangkaian dari Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) dan Orientasi Pengenalan Kampus (OPK) bagi mahasiswa baru.

Dalam paparannya, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. menegaskan mahasiswa memiliki kontribusi nyata sebagai pemimpin di masa depan. Untuk mempersiapkan diri, para mahasiswa diminta agar dapat merancang pribadi NKRI yang dapat menghadapi tantangan globalisasi. Salah satunya adalah dengan menguatkan diri dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

“Masa kuliah ini akan membuka gerbang dalam menghadapi dunia nanti, perjalanan kalian masih jauh, lulus kuliah baru masih di tahap awal. Tidak hanya tantangan di dunia kerja, tapi sebagai calon pemimpin NKRI kalian harus memahami ragam tantangan NKRI, salah satunya radikal terorisme,” ujar Kepala BNPT.

Tidak lantas menjadi lulusan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia dapat menjamin para mahasiswa terbebas dari infiltrasi radikal terorisme. Karenanya para mahasiswa harus memegang teguh budaya, nilai kebangsaan dan nasionalisme. Radikal terorisme menurut mantan Sekretaris Utama Lemhannas tersebut dapat ditanggulangi apabila tiap individu memiliki daya tangkal berbasis kecintaan NKRI.

“Disinilah pentingnya memiliki nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal, karena keduanya dapat membantu kita dalam berselancar di dunia nyata maupun di dunia maya. Kalau melihat ada yang ganjil laporkan, kemampuan ini sekaligus dapat mengasah pikiran kritis kita,” ujar Kepala BNPT.

Usai menerima paparan dalam talkshow tersebut, ratusan mahasiswa berkesempatan memberikan pertanyaan kepada Kepala BNPT. Melalui tanya jawab dan diskusi singkat tersebut, para mahasiswa baru dapat menyalurkan ide, pemikiran dan keresahan sebagai milenial dalam menghadapi isu radikal terorisme.

Ditemui di akhir acara, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Vita Silvira, MBA, CA menyampaikan alasannya mengundang kembali Kepala BNPT dalam agenda program OPK. Prioritas Kepala BNPT dalam sharing sessions yang penting untuk diterima mahasiswa baru sangat diapresiasi.

“Kami sudah melibatkan Kepala BNPT dari tahun lalu, ini sangat kami apresiasi karena beliau sudah menyempatkan waktu. Senior yang sekarang menjadi panita sebelumnya sudah menerima paparan seperti ini dan akan berkelanjutan, di mana paparan yang disampaikan akan disebarluaskan dengan teman-temannya,” ujar Vita Silvira.

This post was last modified on August 21, 2019, 7:22 pm