Sentul – Memperingati hari Kesaktian Pancasila, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan upacara di Lapangan Gedung A, Kantor BNPT Sentul, Bogor pada Senin (01/10/2018). Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dipimpin oleh Direktur Perlindungan BNPT, Brigjen Pol. Drs. H. Herwan Chaidir selaku inspektur upacara, dan diikuti pejabat dan staf BNPT sebagai peserta upacara.

Rangkaian upacara Kesaktian Pancasila ini dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila yang dibacakan inspektur upacara kemudian diikuti oleh para peserta, pembacaan pembukaan Undang-undang Dasar 1945, dan pembacaan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh petugas upacara kemudian rangkaian tersebut ditutup oleh doa.

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila sesuai Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila. Hari tersebut ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila, sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apa pun di Bumi Pertiwi.