Bogor – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan upacara pada Senin (1/10) pagi di Lapangan Gedung A Kantor BNPT, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, upacara kali ini dipimpin oleh Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, selaku Kepala Biro Umum (Karoum) BNPT.

Peserta upacara yang terdiri dari pejabat dan pegawai di lingkungan BNPT mengikuti prosesi upacara yang berlangsung sederhana dengan khidmat dan tertib. Serangkaian acara upacara kali ini dimulai dengan pembacaan Naskah Pancasila, pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945, dan pembacaan Ikrar Kesetiaan Pancasila oleh Inspektur Upacara.

Pembacaan ikrar ini dimaksud untuk sebagai dorongan untuk membulatkan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan unutk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. Hal ini mengingat beberapa banyak tantangan dalam upaya menjaga ideologi dan kedaulatan NKRI baik berupa ancaman yang berasal dari luar maupun dalam negeri. Sumber daya manusia yang resisten akan ancaman-ancaman tersebut tidak hanya memahami falsafahnya namun juga mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Brigjen TNI Dadang Hendrayudha kemudian berpesan agar para pegawai BNPT khususnya para ASN dan pegawai yang baru mewaspadai hal-hal yang dapat merusak kesatuan bangsa salah satu contoh banyaknya beredar di media sosial mengenai ujaran kebencian maupun hoaks yang akhir-akhir ini menjadi tantangan di depan mata. Karoum BNPT mengimbau agar memutus mata rantai penyebaran hoaks khususnya di media sosial untuk menjaga agar ruang publik menjadi damai dan kondusif.

“Seperti yang kita ketahui bahwa sejarah tidak boleh dilupakan, khususnya bagi para aparatur negara dari TNI, Polri, maupun PNS, apalagi seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak sekali pegawai baru dan hal ini harus terpatri di dalam dirinya. Harapannya, dengan kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini, khususnya para pegawai yang ada di BNPT ini ikut waspada dan tetap teguh menjaga kesatuan Republik Indonesia,” ujar Karoum BNPT.