Washington DC – Peningkatan kerja sama antar negara sebagai salah satu upaya penanggulangan terorisme kian ditingkatkan BNPT. Selain pertukaran informasi, kunjungan bilateral dapat memperkaya pengetahuan upaya-upaya penanggulangan terorisme dengan khas tiap negara. BNPT yang telah menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat, kini mengunjungi Terrorist Screening Center AS.

Delegasi BNPT yang dipimpin oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. ditemani oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Brigjen Pol. Drs. Budiono Sandi, Direktur Kerja Sama Bilateral, Kombes Pol. Kris Erlangga A.W., Direktur Regional dan Multilateral, Andhika Chrisnayudhanto. Delegasi BNPT turut didampingi Koordinator Fungsi Politik KBRI Washington DC, Atase Kepolisian KBRI Washington, Atase Perhubungan KBRI Washington DC dan Pejabat Direktorat Amerika 1 Kementerian Luar Negeri.

Kunjungan Delegasi ke Terrorist Screening Center AS yang terlaksana pada Senin (16/04) pagi berlangsung hangat. Delegasi BNPT yang disambut langsung oleh Pimpinan TSC membahas dan mendiskusikan perkembangan penanganan terorisme di masing-masing negara.

Pada kunjungan kerja ini Kepala BNPT secara khusus menjelaskan perkembangan terkini penanggulangan terorisme, utamanya ialah pendekatan lunak yang digunakan Indonesia. Bahwa pendekatan lunak yang kini berjalan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dan berkontribusi mencegah persebaran terorisme dan radikalisme melalui berbagai media, seperti dunia maya dan media sosial.

Usai menerima paparan dari Kepala BNPT, pimpinan TSC memberikan tanggapan positif terkait pendekatan lunak yang digunakan BNPT. Terrorist Screening Center sebagai bagian vital pemerintahan Amerika Serikat dalam bertugas untuk menghimpun database informasi senstif yang berkaitan dengan pertahanan nasional serta penegakan hukum. Kedudukannya dalam memberikan peringatan dini dan kajian jaringan sangat diandalkan pemerintan AS.

Selama di Amerika Serikat, delegasi BNPT akan melakukan rangkaian kunjungan kerja. Setelah mengunjungi Terrorist Screening Center, Kepala BNPT, Komjen Pol. Suhardi Alius dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan Homeland Security AS dan Koordinator Penanggulangan Terorisme dari State Department AS.