Bogor – Pertanggungjawaban suatu lembaga terhadap pengelolaan keuangan yang baik membutuhkan kemampuan pengelolaan yang baik pula. BNPT yang baru berumur 7 tahun dengan kemajemukan latar belakang pegawainya, terus mengejar tata kelola keuangangan yang semakin baik. Demi keberhasilan pengelolaan keuangan yang baik, BNPT mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengelolaan Keuangan Negara untuk Pegawai Internal BNPT.

Penyelenggaraan Diklat Pengelolaan Keuangan Negara untuk BNPT juga didukung oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan. Diklat ini diselenggarakan di Gedung Diklat Pusat Bahasa, Kompleks IPSC, Bogor, sejak tanggal 5 s.d. 9 Februari 2018. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat Eselon IV dan Staf ASN dari setiap Unit Kerja Eselon II.

Pemberi materi kegiatan, Bapak Parluhutan Hutahaean, Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, dalam sambutannya menanggapi baik kegiatan Diklat ini. Menurutnya, kegiatan ini mendukung pencapaian kinerja BNPT sebagai badan negara. “Kami BPPK  menyambut baik inisiatif dari BNPT untuk menyelenggarakan diklat ini yang akan mendukung tercapainya penggunaan anggaran dalam rangka mencapai tujuan BNPT. Selain itu diklat ini juga  sebagai kesempatan dalam menyelesaikan tantangan pengelolaan keuangan.” Turut hadir

Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI, R. Gautama Wiranegara, S.E., memberikan sambutan dan dukungan semangat bagi peserta. Ia berharap kegiatan ini mendukung tugas pokok dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) di masing-masing unit kerja di BNPT.

“Kegiatan ini diselenggarakan agar para satuan kerja dapat memiliki pemahaman yang handal dalam pengelolaan keuangan. Sebagai bentuk peningkatan kapasitas SDM, peserta diharapkan dapat mewujudkan BNPT good governance dan clean governance,” ujar Sestama.

Materi Pendidikan dan Pelatihan yang diberikan akan mendukung pembangunan kemampuan pengelolaan keuangan ASN BNPT yang lebih baik. Bahan kegiatan meliputi Penyusunan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pertanggungjawaban Anggaran serta pembahasan Permasalahan seputar pengelolaan anggaran.