Dukung Penuh Program Sinergisitas 36 K/L, Kementerian PUPR dan BNPT Resmikan Pembangunan Rusun Ponpes Al Madinah Kabupaten Bima

Bima – Program Sinergisitas antar 36 K/L yang dikoordinir oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dirancang untuk tepat sasaran dan efektif langsung menyentuh kelompok yang rentan terpapar radikalisme negatif dan terorisme, melalui pendekatan humanis yang dilakukan. Salah satu pendekatannya ialah dengan penguatan infrastruktur. Dengan bantuan dari Kementerian dan Lembaga melalui penguatan infrastruktur, seperti perbaikan sarana dan prasarana tempat tinggal diharapkan dapat mendorong penerima manfaat menjadi masyarakat mandiri dan memiliki kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) sebagai bagian dari Sinergisitas 36 K/L sesuai rencana aksi yang telah dibuat sebelumnya memberikan bantuan pemenuhan sarana kontak berupa pembangunan rumah susun sederhana di Ponpes Al-Madinah yang akan dihuni oleh para santri dan tenaga pengajar di lingkungan pesantren. Pembangunan ini merupakan tindaklanjut dari rencana pemenuhan sarana kontak di Ponpes Al-Madinah yang sebagai besar telah diimplementasikan sebelumnya.

Mengawali dimulainya pembangunan rusun tersebut, peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPT yang sekaligus merupakan Ketua Tim Pelaksana Sinergisitas yaitu Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi didampingi oleh Direktur Perlindungan BNPT, Brigjen Pol. Drs. H. Herwan Chaidir beserta perwakilan dari Kementerian PUPR serta pimpinan dan warga di Pondok Pesantren Al Madinah. Prosesi ini dilaksanakan usai terselenggaranya upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di Pondok Pesantren Al Madinah, Bima, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (17/08) siang.

Ustad Bunyamin yang merupakan salah satu pimpinan di Yayasan Pondok Pesantren Al Madinah, menanggapi secara positif atas pembangunan rusun ini dan menyampaikan rasa terimakasih kepada Sinergisitas antar K/L atas bantuan pemenuhan infrastruktur di Pondok Pesantren Al Madinah. Dukungan ini “Kita merasa bersyukur sekali karena kita mendapatkan kehormatan dengan datangnya Tim Sinergisitas yang memberikan bantuan Rusunawa ke pondok Pesantren kami. Apalagi ini dilaksanakan saat momen yang bagus juga, saat pelaksanaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74,” ujar Ustad Bunyamin.

“Prasarana yang layak ini akan menunjang kegiatan santriwan dan santriwati. Dengan adanya rusun ini, mudah-mudahan fokus para santri dalam menghafal Alquran dan proses pembinaan kami sangat terbantu karena prasarananya memadai. Saya selaku pimpinan Ponpes Al Madinah mengucapkan terimakasih kepada Tim Sinergisitas dan Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan,” ujar Ustad Bunyamin.

Perwakilan Kementerian PUPR, Heru Sujarwo selaku PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus Provinsi NTB, menjelaskan bahwa proyek pembangunan rumah susun sederhana ini telah berlangsung sejak bulan Juni dan diperkirakan pengerjaannya akan selesai di bulan Desember mendatang. “Rumah susun untuk Pondok Pesantren Al Madinah ini nantinya akan dibangun dua lantai berupa 4 barak yang berisi 7 kamar sehingga total semua ada 28 unit. Dengan dibangunnya rusun sederhana ini, semoga santriwan-santriwati dapat lebih efektif belajar,” ujar Heru Sujarwo.

Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi selanjutnya memberikan apresiasi yang besar kepada Kementerian PUPR terhadap kontribusi dan peran dalam program Sinergisitas yang berlangsung di salah satu lokus kegiatan Provinsi Nusa tenggara Barat ini.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya rusun ini, para santri bisa belajar dengan sebaik-baiknya. Kita hanya membantu saja, semoga ada anak-anak muda  yang akan tumbuh menjadi pelopor tidak hanya di lingkungan sini tetapi di sekitar khususnya di Desa Kenanga. Atas nama Kepala BNPT, saya sebagai Ketua Pelaksana Sinergisitas mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya kepada Kementerian PUPR dan seluruh Kementerian/Lembaga yang ikut membantu mewujudkannya,” ujar Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi.

Tahun ini merupakan tahun kedua bagi tim Sinergisitas K/L dalam melaksanakan kegiatan di Ponpes Al-Madinah. Baru saja diselesaikan pembangunan Mushola Santri Putri Pondok Pesantren Al-Madinah yang dibangun atas swadaya masyarakat di lingkungan Pesantren. Pada tahun 2018 lalu, tim sinergisitas telah memberikan bantuan berupa pemenuhan sarana dan prasarana di lingkungan sekitar Ponpes Al-Madinah seperti membangun tiang bendera, melakukan renovasi Masjid dan asrama putri.

This post was last modified on August 18, 2019, 9:23 am