New Delhi – Kerja sama antara Indonesia dan India dalam hal penanggulangan terorisme kian terjalin dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Rapat Kelompok Kerja Sama ke-5 Penanggulangan Terorisme antara kedua negara.

Rapat kelompok kerja tersebut digelar di New Delhi pada Rabu (10/9). Rapat tersebut dipimpin oleh Mr. Mahaveer Singhvi, Sekretaris Gabungan Bidang Penanggulangan Terorisme, Kementerian Luar Negeri India. Delegasi BNPT sebagai bagian dari kelompok kerja Indonesia dipimpin oleh Deputi Kerja Sama Internasional, Irjen. Pol. Drs. Hamidin dan Direktur Kerja Sama Bilateral, Brigjen. Pol. Drs. Kris Erlangga A. W.

Dalam rapat yang digelar dengan suasana penuh kepercayaan tersebut, India dan Indonesia saling berbagi pandangan dalam perkembangan terorisme terkini serta langkah-langkah yang ditempuh oleh keduanya. Selain hal tersebut juga menjadi pembahasan ialah program pengembangan kemampuan serta kerja sama dalam tingkat bilateral, regional, dan multilateral. Rapat tersebut berlangsung dengan lancar di mana kedua negara berdasarkan sebuah pemahaman dan komitmen yang sama untuk memperkuat kerja sama dalam rangka melawan terorisme.

Kerja sama merupakan bentuk kemitraan strategis yang komprehensif disepakati antara keduanya telah terbangun dalam kunjungan Perdana Menteri India ke Indonesia pada 29 – 30 Mei 2018 lalu. Dalam kunjungan tersebut, isu penanggulangan terorisme menjadi salah satu elemen penting kerja sama bilateral keduanya. Pada rapat ke-6 mendatang, rapat kelompok kerja sama penanggulangan terorisme antar kedua negara akan digelar di Indonesia pada tahun 2019.