Indonesia -Turki Intensifkan Kerjasama Berantas Terorisme

0
96

Ankara – Indonesia dan Turki sepakat untuk semakin mengintensifkan kerjasama di bidang penanggulangan terorisme. Hal tersebut terlihat saat Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Lestari Priansari Marsudi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, bertemu Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, dalam kunjungan kerja ke Turki pada Rabu (5/7/2017) siang waktu setempat

“Kita membahas bahwa kerja sama di bidang pemberantasan terorisme terutama dalam menangani Foreign Terrorist Fighters (FTF) sejauh ini sudah berlangsung baik dengan Turki,” kata Retno saat ditemui beberapa kontributor media Tanah Air di Hotel JW Marriott, Ankara, Turki, Rabu (5/7/2017).

Dikatakan Menlu, negara Turki memiliki lokasi yang strategis untuk memerangi jaringan teroris internasional. Karena banyak militan ISIS yang menuju Suriah melalui Turki.

“Selain letak Turki yang berdekatan dengan Suriah tentunya menerima banyak sekali pengungsi dari Suriah yang jumlahnya lebih dari 2 juta orang. Dan kerja sama dengan Turki ini berlangsung dengan baik,” tutur wanita yang pernah menjadi Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda ini.

Wanita kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini menjelaskan bahwa pembahasan ini dilakukan dengan Mendagri Turki ini dilakukan karena Kemendagri Turki ini membawahi kepolisian dan imigrasi. Mengenai imigrasi pun menjadi bahasan tersendiri dalam pertemuan tersebut.

“Saat ini kita sedang membahas draf MoU kerja sama di bidang imigrasi tetapi masih dalam proses dan tadi kita sepakat agar kerja sama di bidang imigrasi ini dapat dipercepat sehingga akan lebih mempermudah kita dalam kerja sama penanganan FTF,” kata wanita yang pernah menjadi Direktur Jenderal Eropa dan Amerika Kemenlu ini,

Turut mendampingi Menlu RI dan Kepala BNPT dalam pertemuan tersebut yakni Dirjen Amerika Eropa Kemlu RI Mohammad Anshor serta Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Wardana.

Seperti diketahui, pertemuan tersebut merupakan rangkaian persiapan pertemuan Presiden Indonesia, Joko Widodo dengan Kepala Negara Turki yang akan berlangsung pada Kamis (6/7/2017) besok

“Masalah counter terrorism juga merupakan salah satu prioritas yang akan dibicarakn dalam pertemuan Kepala Negara Indonesia dan Turki,” kata Menlu mengakhiri.