Amman – Selama masa kunjungan kerja Kepala BNPT Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H.,  telah melakukan beberapa pertemuan dengan pejabat-pejabat negara Yordania. Setelah melakukan pertemuan dengan Raja Jordania, Raja Abdullah II, yang didampingi Penasehat Raja pada Sabtu kemarin, Kepala BNPT menjumpai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Yordania, H.E. Mr. Ghalib Al Zu’bi, pada Minggu (5/11).

Dalam pertemuan tersebut Kepala BNPT didampingi oleh Sekretaris Utama BNPT, Mayjen TNI R. Gautama Wiranegara, S.E., Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Direktur Kerjasama Bilateral, Brigjen. Pol. Drs. Budiono Sandi, Direktur Penindakan, Brigjen Pol. Drs. Torik Triyono, dan Dubes RI untuk Kerajaan Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto.

Kunjungan kerja yang bertujuan memperkuat kerja sama internasional tersebut membahas upaya penanggulangan terorisme. Dalam pertemuannya, Drs. Suhardi Alius, M.H. dan Mendagri Yordania membahas pendekatan dan penanganan terorisme dari masing-masing negara.

Menanggapi pendekatan soft approach yang digunakan BNPT, Mr. Ghalib Al Zu’bi yang sebelum menjabat memiliki banyak pengalaman menghadapi isu-isu keamanan, beliau terkesan dan menilai pendekatan tersebut  ‘unik’. Dalam pertemuan tersebut, Mendagri Yordania juga menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan berkoordinasi dalam upaya menanggulangi terorisme.

Setelah menemui Kepala Negara dan Menteri Dalam Negeri Yordania dalam kunjungan kerja ke Yordania tersebut, mantan Kapolda Jawa Barat beserta delegasi Indonesia selanjutnya dijadwalkan akan menemui Kepala Intelijen Yordania.