Jakarta – Upacara pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT yang baru, Andhika Chrisnayudhanto telah dilaksanakan. Upacara Pelantikan tersebut dipimpin Kepala BNPT, Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. selaku Inspektur Upacara.
Upacara pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 80/TPA Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Di dalam keputusan tersebut menyatakan untuk memberhentikan dengan hormat Irjen Pol. Drs. Hamidin dari jabatannya sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT sehubungan dengan pengalihan tugas dari instansi asal yaitu Kepolisian Republik Indonesia. Keputusan dilanjutkan dengan pengangkatan Andhika Chrisnayudhanto sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, menggantikan kedudukan Deputi sebelumnya.

Bertempat di salah satu gedung Kementerian di Jakarta, upacara berlangsung pada Jumat (19/7) siang. Termasuk dalam upacara tersebut adalah pengambilan sumpah jabatan secara Islam dan penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Brigjen TNI Hendri Paruhuman Lubis sebagai dan Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Brigjen Pol. Drs. Budiono Sandi.
Turut hadir dalam upacara mantan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin, jajaran pejabat BNPT setingkat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Pengawas, dan Ibu-Ibu Ikatan Dharma Wanita Persatuan BNPT.

Upacara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala BNPT. Dalam sambutannya Komjen. Pol. Suhardi Alius, M.H. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mantan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT atas dedikasi dan pengabdian Irjen Pol. Drs. Hamidin beserta Istri selama menjabat. Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius juga mengucapkan selamat atas tugas baru Irjen Pol. Drs. Hamidin sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Setelah Irjen Pol. Drs. Hamidin menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan pada 24 Januari 2019, jabatan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional telah mengalami kekosongan selama 6 Bulan. Direktur Perangkat Hukum Internasional BNPT, Brigjen TNI (Mar) Yuniar Ludfi yang kemudian bertindak selaku Pelaksana Tugas sehari-hari juga menerima ucapan terima kasih dan apresiasi dari Kepala BNPT.

Kepada Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT yang baru, Kepala BNPT mengucapkan selamat bertugas. Selaku personel Kementerian Luar Negeri yang telah mengabdi sebagai Direktur Kerja Sama Regional dan Multilateral BNPT, bidang Kerja Sama Internasional BNPT merupakan bidang yang familier.
Posisi Deputi Kerja Sama Internasional diberikan kepada Diplomat Kemenlu tersebut didasari pertimbangan akan tugas kerja Kedeputian III. Diharapkan tugas yang berkenaan dengan hubungan diplomasi dengan negara lain, organisasi Internasional maupun koordinasi dengan kementerian luar negeri dapat berjalan lebih optimal. Terlebih saat ini BNPT telah diperhitungkan di dunia internasional dalam program penanggulangan terorisme.

“Saya berharap kepada Bapak Andhika sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional yang baru, agar dapat menanamkan dalam hati, bahwa jabatan yang diemban ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan harus dipertanggungjawabkan, sehingga nantinya senantiasa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku,” tutup Kepala BNPT.