Korea Selatan Datangi BNPT untuk Dalami Penanganan Terorisme

0
321

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dinilai telah berhasil dalam menanggulangi dan memerangi terorisme. Hal tersebut menjadikan negara lain tertarik untuk belajar dan bertukar informasi terkait penanggulangan terorisme ke Indonesia.

Pada Senin (20/11/2017) siang, Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin menerima kunjungan dari Terrorism Information Integration Center, Counterterrorism Analysis Bureau, Korea Selatan, yang berada di bawah kewenangan Kantor Perdana Menteri Korea Selatan. Kunjungan ini dipimpin oleh Park Soo Gil, selaku Wakil Kepala Terrorism Information Integration Center, Counterterrorism Analysis Bureau, yang ingin mengetahui dan belajar seputar penanganan terorisme dari BNPT.

Menurutnya, BNPT memiliki sejarah panjang dalam penanganan terorisme. Selain itu, BNPT memiliki program deradikalisasi dan kontra radikalisasi yang tidak dimiliki oleh badan penanggulangan terorisme di negara lain, sehingga belajar dari BNPT merupakan hal yang tepat.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT bersedia untuk bertukar pengalaman terutama dari sisi teknis mengenai bagaimana melakukan penanggulangan terorisme di Indonesia.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga menawarkan bantuan berupa informasi kepada BNPT mengingat Korea Selatan pernah sukses dalam menyelenggarakan kegiatan besar tingkat internasional.

“Mereka membagikan informasi bagaimana melakukan pengamanan untuk beberapa event besar di Korea, seperti menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2002. Mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan Asean Games 2018, maka hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kita. BNPT berterima kasih kepada Korea Selatan atas keinginan, kesediaan, dan tawaran baik yang mereka berikan.” Tutup Hamidin.