Lamongan – Menyusul kunjungan berbagai mancanegara dalam rangka mendalami upaya deradikalisasi BNPT, pemerintahan Jepang mengirim delegasinya. Dalam kunjungannya, Delegasi Pemerintahan Jepang mengunjungi dan mendalami langsung salah satu situs penerapan program BNPT yakni Yayasan Lingkar Perdamaian.

Bertempat di pelataran Yayasan Lingkar Perdamaian, Lamongan, Jawa Timur pada Selasa (31/7), delegasi Pemerintahan didampingi oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M.H., beserta jajaran melaksanakan kunjungan bilateral. Kedatangan delegasi Jepang beserta jajaran BNPT disambut oleh Mantan Kombatan sekaligus Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian, Ali Fauzi.

Kegiatan diawali dengan pertemuan bilateral antara BNPT dengan Delegasi Pemerintah Jepang yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan pimpinan serta pengurus Yayasan Lingkar Perdamaian. Dalam pertemuan tersebut, BNPT bersama Yayasan Lingkar Perdamaian memberikan paparan kepada delegasi pemerintahan Jepang.

Kepala BNPT yang memberikan paparan terkait implementasi dan dukungan program deradikalisasi kepada delegasi. Meski kuantitas aksi teror di Jepang tidak sebanyak Indonesia, para delegasi mempelajari akan kondisi, bentuk masalah hingga cara mengatasi isu terorisme di Indonesia. Kunjungan kerja yang juga sebagai peninjauan juga bertujuan untuk melihat secara riil selain konseptual, termasuk berkomunikasi langsung dengan mantan kombatan.

“Delegasi yang salah satunya adalah bagian dari kabinet pemerintah Jepang. Mereka akan memberikan masukan dan keputusan sebagai bagian dari pemerintahan jepang. Di mana, para delegasi dapat mempelajari keseimbangan  antara hard power dan soft power,” ujar Kepala BNPT.

Pimpinan delegasi pemerintahan Jepang juga menyampaikan apresiasinya atas kesempatan kunjungan kerja di Yayasan Lingkar Perdamaian. Kepada BNPT, mereka berharap upaya baik ini terus berjalan.

“Kami sangat berterima kasih atas undangan ini, kami sangat terharu melihat perjuangan dan dukungan yang dapat dilihat di tempat ini. Semoga langkah ini dapat berlangsung seterusnya serta menciptakan perdamaian sepenuhnya,” ujar Pimpinan delegasi.

Atas nama Yayasan Lingkar Perdamaian, Ketua Yayasan Ali Fauzi juga menyampaikan rasa berterima kasih atas kunjungan delegasi luar negeri yang terus diterima pada tahun ini. Ia menyampaikan, kunjungan serta perhatian terhadap yayasan dapat dirasakan dan terlihat oleh kawan-kawan yayasan.

“Kami sangat senang, terlebih kawan-kawan kita sekarang mau menyambut dan menerima tamu-tamu asing yang dulunya dianggap musuh. Ada aura senang dan bersahabat di tengah kawan-kawan. Ini mengindikasikan proses Deradikalisasi yang dicanangkan BNPT sesungguhnya sangat berhasil. Ini juga yang menjadi tujuan dan harapan kita, yakni bagaimana nantinya kita menciptakan mantan teroris dan kombatan menjadi bermanfaat untuk masyarakat umum,” tutur Ali Fauzi.

Kunjungan delegasi Pemerintah Jepang ini merupakan realisasi dari ajakan dan paparan Kepala BNPT pada kunjungan bilateral ke Tokyo, Jepang pada Desember tahun 2017. Di mana pendekatan lunak yang digunakan BNPT dalam hal ini Deradikalisasi dinilai menarik untuk dikunjungi dan didalami oleh Pemerintahan Jepang.