Bandung – Dalam rangka menjalin kerja sama lintas K/L dan BUMN, BNPT menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero. Penandatanganan tersebut dilakukan pada perayaan HUT PT. KAI ke-73.

Bertempat di Pusdiklat Ir. H. Djuanda jalan Laswi Bandung, penandatanganan berlangsung pada Sabtu(29/9) pagi. Delegasi BNPT yang hadir dalam perayaan HUT ke-73 sekaligus penandatanganan meliputi Sestama BNPT Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi S.T. M.M dan Kepala Biro Perencanaan Hukum dan Humas Bangbang Surono Ak. M.M.

Dalam rangka perayaan HUT PT.KAI yang jatuh pada 28 September, hari ini PT. KAI menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pemerintah, lembaga, BUMN, pihak swasta dan termasuk salah satunya ialah BNPT. Mewakili BNPT, penandatanganan dilakukan oleh Sestama BNPT Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi S.T. M.M., dan Direktur Utama PT. KAI Edi Sukmoro.

Surat perjanjian kerja sama antara BNPT dan PT. KAI Persero bernomor HK.02.00/19/2018 meliputi hal-hal upaya penanggulangan terorisme. Ruang Lingkup Perjanjian ini adalah penanggulangan terorisme dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi program pencegahan paham radikal terorisme di lingkungan PT. KAI Persero;
  2. Penyusunan standarisasi penanggulangan terorisme di lingkungan PT. KAI Persero;
  3. Penanganan potensi ancaman dan gangguan terorisme di lingkungan PT. KAI Persero.

Juga terkandung dalam perjanjian ialah pertukaran data dan informasi serta hak dan kewajiban di antara kedua belah pihak. BNPT misalnya berkewajiban untuk memberikan sosialisasi program pencegahan kepada PT. KAI. Jangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal di tandatangani oleh kedua pihak.