Jakarta – Menjalin hubungan dan kerja sama internasional merupakan salah satu upaya penanggulangan terorisme yang terus BNPT laksanakan. Dengan negara Jerman salah satunya, BNPT telah menjalin hubungan kerja sama yang erat. Hal ini dapat dilihat pada kunjungan kehormatan pejabat Bundeskriminalamt (BKA) Jerman di kantor BNPT.

Bertempat di salah satu kantor BNPT di Jakarta, Kepala BNPT menerima pejabat BKA Jerman pada Selasa (28/8) siang. Dalam menerima kunjungan tersebut, Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M.H., didampingi oleh Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Ir Hamli M.E., dan Direktur Kerja Sama Bilateral Brigjen Pol. Drs. Kris Erlangga. Pejabat BKA yang mengunjungi yaitu Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Michael Häuser beserta staf juga didampingi oleh perwakilan Kedutaan Jerman untuk Indonesia.

Dalam kunjungan ini BKA bertujuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan BNPT. Utamanya BKA Jerman meminta penilaian kinerja dan evaluasi atas Liaison Officer (LO) Jerman yang di tempatkan di Indonesia. Kedua belah pihak juga menyampaikan perkembangan terkini penanggulangan terorisme masing-masing negara.

Para Pejabat BKA Jerman juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik antara Indonesia – Jerman melalui BNPT dan Bundeskriminalamt. Seperti yang diketahui pada bulan Juli 2018 lalu Delegasi Bundeskriminalamt telah melaksanakan kunjungan ke salah satu situs program deradikalisasi BNPT yaitu Pondok Pesantren Al-Hidayah di Deli Serdang, Medan. Kunjungan tersebut meninggalkan impresi positif terkait penanggulangan terorisme di Indonesia sebagai model untuk dapat di pelajari. Terkait hal tersebut, Pejabat BKA Jerman menyampaikan undangan untuk Kepala BNPT untuk melakukan kunjungan kerja ke Jerman.

Bundeskriminalamt (BKA) Jerman sebagai instansi yang mengoordinasikan kerja sama dan menyelidiki kejahatan terorganisir internasional, terorisme dan lainnya yang berkaitan keamanan nasional. BKA kini terus berupaya memperkuat investigasi potensi terorisme berskala internasional.