Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hadir dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait kesiapan pengamanan pada penyelenggaraan Asian Games 2018. Rapat ini digelar secara tertutup dan dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Selain Kepala BNPT turut hadir juga
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Syafruddin, dan sejumlah pejabat lainnya.

Menko PMK dalam konferensi pers menegaskan Asian Games 2018 tinggal 92 hari lagi untuk itu masalah keamanan menjadi sorotan dan harus dibahas secara serius di tengah situasi dalam negeri yang rawan terjadi aksi teror.

“Ini menjadi penting sehingga acara dapat berlangsung baik. Ini butuh sinergi kementerian/lembaga,” kata Puan Maharani.

Lebih lanjut Puan mengatakan, saat ini keamanan menjadi fokus pemerintah agar penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia yang digelar di Jakarta dan Palembang tersebut terlaksana.

Saat diwawancarai oleh pers, Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M. H., menyatakan Menko PMK mengoordinasikan seluruh kementerian lembaga untuk merumuskan langkah-langkah pengamanan Asian Games.

“Tadi kan, pembahasan Asian Games kita lihat Bu Puan Maharani mengoordinasikan seluruh kementerian termasuk Badan-Badan yang terkait khususnya bidang keamanan. Tiga bulan lagi kita siap untuk pengamanannya, apalagi untuk situasi sekarang ini, nah semua sudah berkolaborasi dengan baik, ” ujar Suhardi Alius.

Kepala BNPT berharap sinergi yang terjalin antara kementerian/lembaga dan Badan-Badan khususnya bidang keamanan dapat memperlancar penyelenggaraan Asian Games 2018. Khususnya dalam bidang antisipasi event multi-sports terbesar kedua di dunia ini agar terhindar dari sasaran aksi kejahatan seperti terorisme.