Ponpes Al-Madinah Hormat Bendera Kala Upacara HUT RI ke-74, Buah Upaya Sinergisitas 36 K/L

Bima – Sebanyak kurang lebih 300 orang memadati lapangan Pondok Pesantren Al Madinah, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu pagi (17/8) untuk mengikuti Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang digelar oleh Tim Sinergisitas BNPT.

Upacara ini menjadi bentuk wujud kehadiran negara dalam bentuk program Sinergisitas 36 K/L yang diinisiasi oleh BNPT. Pelibatan masyarakat dalam upaya membangun kepercayaan dan menumbuhkan rasa cinta tanah menjadi dasar rangkaian upacara.

Selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi sekaligus Ketua Tim Pelaksana Sinergisitas memimpin jalannya upacara. Sementara itu petugas upacara berasal dari elemen Pondok Pesantren Al-Madinah serta Pondok Pesantren sekitar.

Turut hadir menjadi bagian sebagai peserta upacara berasal dari Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima meliputi Pesantren Usman bin Affan, Pesantren Al-Amin, Pesantren Al-Madinah, Forum Keserasian Sosial, Kelompok Kearifan Lokal, pengurus masjid desa. Adapun peserta upacara dari Kota Bima meliputi tokoh positif Penato’i, Eks Napiter Ustadz Gunawan, Forum Pemuda Peduli Penato’i dan FKS Penato’i.

Bersatu padu dalam pimpinan upacara Sekretaris Utama BNPT, peserta dan petugas upacara memberikan hormat bendera serta menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dengan diiringi drum band Ponpes Al-Ikhlas Kecamatan Donggo Kabupaten Bima.

Memberikan sambutan selaku Inspektur Upacara menyampaikan rasa terima kasih kepada peserta dan pelaksana upacara yang telah hadir melaksanakan upacara HUT RI ke-74. Terlaksananya upacara tak lain berangkat dari doa yang dijabah oleh Tuhan.

“Suatu berkah untuk saya mewakili pemerintah Indonesia melalui Sinergisitas 36 K/L dapat melaksanakan upacara. Apa yang sudah kita adakan karena doa para santri, ustadz dan masyarakat dikabulkan Allah. Mari rayakan kemerdekaan Republik Indonesia, jadikan momentum ini sebagai tolak ukur membangun bangsa yang besar,” ucap Sestama.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74. Di selenggarakan di Pondok Pesantren Al-Madinah, Kecamatan Bolo, Bima, NTB, lomba dimulai sejak 15 Agustus 2019. Lomba-lomba tersebut di antaranya:
1. Lomba menggambar dan mewarnai dengan tema Bendera Merah Putih setingkat PAUD, TK dan SD Ponpes Al-Madinah dan sekitarnya;
2. Lomba lari kelereng tingkat umum;
3. Lomba makan kerupuk tingkat umum; dan
4. Lomba tenis meja se-Kecamatan Bolo.

Pelaksanaan lomba sebagai rangkaian HUT RI ke-74 melibatkan partisipasi dari peserta didik Ponpes Al-Madinah, siswa sekolah serta warga sekitar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelibatan masyarakat dalam menyambut HUT RI.

Meningkatkan kreativitas dan sportivitas melalui partisipasi lomba diharapkan dapat mengingatkan kembali semangat Kemerdekaan dan cinta NKRI. Hal ini menjadi harapan dari pelopor kegiatan, Tim Sinergisitas BNPT dengan Ketua Pelaksana Ketua Tim Sinergisitas, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi.

Ustadz Jabir selaku pemimpin Pondok Pesantren Al-Madinah memandang upacara HUT RI yang digelar di Pondok Pesantren binaannya dapat terlaksana dengan baik seiring dengan dukungan bersama dan sinergi dari pemerintah. Menurutnya moment ini dapat menjadi semangat menghormati kemerdekaan.

“Karena adanya kerja sama, sinergi dengan pemerintah untuk menyatukan NKRI. Kalau dulu pendiri bangsa perlu mengorbankan segalanya, kini (tugas) kita untuk mengisinya, upacara ini merupakan tanda syukur dengan menghormati dan memperingati, selamat Hari Ulang Tahun ke-74, semoga bangsa Indonesia dapat mencapai martabat sesuai dengan cita-citanya,” ujar Ustadz Jabir.

This post was last modified on August 18, 2019, 3:41 pm