Jakarta – Koordinasi dalam upaya pencegahan terorisme harus dilaksanakan secara menyeluruh dari tingkat daerah hingga tingkat nasional. Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) sebagai mitra BNPT memiliki peran strategis dalam mencegah terorisme dengan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk merangkul seluruh perwakilan provinsi secara menyeluruh, BNPT menggelar pertemuan Rapat Koordinasi Nasional bersama dengan 32 FKPT Tahun Anggaran 2017.

Rakornas ini digelar selama 3 hari, mulai tanggal 18 hingga 20 Desember 2017 dengan melibatkan ratusan perwakilan dari 32 FKPT di hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini mengusung tema “Sinergi untuk NKRI”, bertempat di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I., menyampaikan laporannya bahwa Rakornas digelar setiap akhir tahun sekali untuk mengevaluasi kinerja dari mitra strategi FKPT dalam melakukan pencegahan terorisme selama satu tahun.

“Kita perlu mengoptimalisasi fungsi FKPT pada seluruh bidang. Evaluasi ini mencakup kinerja personel FKPT di daerah-daerah guna membuat FKPT menjadi mitra koordinasi strategis BNPT,” ujar Andi Intang Dulung.

Kepala BNPT Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., membuka dan memberikan sambutan pada acara Rakornas ini. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kinerja FKPT yang telah menjadi mitra strategis BNPT dalam melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme di daerah-daerah.

“Selain untuk kepentingan evaluasi, kegiatan ini juga merupakan bentuk silaturahmi dan meningkatkan koordinasi antara BNPT dan FKPT yang lebih baik. Segala aspek bidang yang dijalani FKPT terus menunjukan kualitas yang lebih baik dalam mencegah terorisme di tengah masyarakat,” ucap Suhardi Alius.

Di akhir sambutannya, mantan Kadiv Humas Polri ini mengajak peserta rapat untuk mengedepankan keutuhan dan persatuan NKRI. “Kami yakin dan percaya bahwa FKPT bergerak dengan dijiwai semangat keikhlasan dalam berjuang untuk menyebar pesan damai di tengah-tengah masyarakat,” tutup Kepala BNPT.

Turut hadir dalam pejabat BNPT dalam acara rakornas, antara lain Sekretaris Utama (Sestama) BNPT, Mayjen TNI R. Gautama Wiranegara, S.E, Deputi Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir,  Deputi Kerja Sama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin, Inspektur BNPT Dr. Amrizal, M.M., Karoum BNPT Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, dan para Direktur BNPT .