Poso – Tim Sinergisitas K/L yang dibentuk oleh BNPT telah memasuki tahap realisasi program setelah masing-masing Kementerian dan Lembaga menetapkan rencana aksi yang akan diimplementasikan di lokus kegiatan. Setelah mengunjungi Koperasi Nelayan dan Pondok Pesantren Islam Amanah Putra, keesokan harinya Tim Sinergisitas antar K/L melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Wali Songo, Lage, Kabupaten Poso pada Kamis (27/6) pagi.

Kementerian/Lembaga yang ikut serta dalam kegiatan di Pondok Pesantren Wali Songo kali ini meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian ESDM, Kementerian Agama, Kementerian BUMN dan Kemenko PMK.

Mengawali kegiatan di Pondok Pesantren Wali Songo, Tim Sinergisitas K/L disambut baik oleh K.H. Mochtar Gozali selaku Pimpinan Pondok Pesanten. K.H. Mochtar Gozali mengajak rombongan Tim Sinergisitas K/L untuk meninjau tanah perkebunan milik Pondok Pesantren Wali Songo yang telah ditanami tanaman sayur dan buah oleh para santri. Perlu diketahui bahwa salah satu rencana aksi dari Kementerian Pertanian di daerah ini yaitu memberikan bibit tanaman buah dan sayur kepada Pondok Pesantren Wali Songo, sehingga peninjauan langsung lokasi lahan pertanian di pondok Pesantren ini menjadi penting untuk dilakukan khususnya bagi perwakilan dari Kementerian Pertanian.

“Kebutuhan Pondok Pesantren Wali Songo dengan rencana aksi sudah sesuai dengan yang disusun oleh Kementerian Pertanian. Idealnya tidak hanya tanaman yang diberikan, namun juga hewan ternak. Bantuan akan diberikan secara bertahap mulai dari membantu mengelola hasil panen, karena dengan manajemen yang baik akan memiliki hasil panen yang baik juga. Terlebih lagi Kementerian Pertanian punya tugas untuk mengembangkan teknologi pertanian. Kami siap mengaplikasikan teknologi pertanian itu di Pondok Pesantren Wali Songo,” tutur Bambang Ngaji Utomo selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Kementerian Pertanian.

Selanjutnya, dalam kegiatan yang sama, K.H. Mochtar Gozali berharap dapat diberikan bantuan berupa perbaikan infrastruktur di Pondok Pesantren Wali Songo untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi para santri dan masyarakat sekitar. “Kami mengharapkan bantuan dari Kementerian PUPR untuk bisa membantu pembangunan infrastruktur jalan akses menuju Pondok Pesantren Wali Songo, agar jalan menuju Pondok Pesantren dapat dilalui dengan mudah,” ucap KH Mochtar Gozali.

Mengakhiri kegiatan di Pondok Pesantren Wali Songo, Tim Sinergisitas yang diwakili oleh Bambang Ngaji Utomo dari Kementerian Pertanian menyerahkan Alquran kepada Ustad Maduri selaku tenaga pengajar di Pondok Pesantren Wali Songo untuk mendukung para santri dan tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya penyerahan Alquran secara simbolis, diserahkan pula bantuan berupa sembako kepada Ustaz Sutaryo selaku Pembina Pondok Pesantren Wali Songo.