Berita Terbaru

Satgas Sinergisitas BNPT Sebut Terdapat 5 Lokus Wilayah Sinergisitas Penanggulangan Terorisme di Provinsi Jawa Barat  Tahun 2024

Satgas Sinergisitas BNPT Sebut Terdapat 5 Lokus Wilayah Sinergisitas Penanggulangan Terorisme di Provinsi Jawa Barat Tahun 2024

Bandung - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebutkan terdapat 5 lokus sinergisitas penanggulangan terorisme di wilayah Jawa Barat pada tahun 2024.

"Lokus sasaran sinergisitas wilayah Jawa Barat tahun 2024 adalah Kab. Bekasi, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis dan Kota Depok," ungkap Kabid Administrasi Satgas Sinergisitas BNPT Eddy Purwanto, S.Pd., pada Rapat Koordinasi Satgas Sinergisitas Antar K/L Wilayah Jawa Barat di Bandung (6/6).

Lebih lanjut, Eddy mengatakan pentingnya masukan-masukan serta evaluasi program yang sudah berjalan dari para anggota satgas yang tersebar di Jawa Barat terutama para Kepala Kesbangpol dari 5 Kabupaten/ Kota yang menjadi lokus sasaran.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Satuan Tugas Sinergisitas BNPT, Kolonel (Purn) Shobirin, menambahkan bahwa Sinergisitas hadir dalam rangka melakukan pencegahan penanggulangan terorisme di Indonesia.

"Tugas dari Satgas Sinergisitas adalah melakukan pencegahan melalui intervensi dengan prinsip soft approach  kepada para sasaran," ungkapnya saat memandu jalannya rapat.

Senada dengan Shobirin, Asisten Daerah III bidang Administrasi Umum Pemprov Jawa Barat yang juga sebagai Plh. Kasatgas Sinergisitas Wil. Jawa Barat, Dr. Hening Widyatmoko, menyampaikan bahwa Jawa Barat sangat perlu dengan kehadiran tim sinergisitas untuk mengantisipasi potensi intoleransi dan provokasi yang kerap terjadi.

"Terkait potensi ancaman terorisme, Jawa Barat memiliki 2 hal yang harus diantisipasi yaitu Intoleransi dan Provokasi serta Pilkada 2024 yang sebentar lagi akan dilaksanakan," ungkapnya.

Hening menilai bahwa untuk menguatkan keamanan Jawa Barat harus dilakukan upaya kolaborasi bersama-sama dari semua pihak yang terlibat.

Jun 7, 2024

Authoradmin