Poso – Usai mengunjungi Pondok Pesantren Islam Amanah Putra di Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Tim Sinergisitas antar Kementerian dan Lembaga melanjutkan kunjungan ke Koperasi Nelayan di Poso Kota Utara, Poso, Sulawesi Tengah pada Rabu (26/6) siang. Sejak tahun lalu, Sinergisitas K/L secara berkala memberikan bantuan kepada Koperasi Nelayan dan masyarakat pesisir yang tinggal di sekitarnya. 

Kedatangan Tim Sinergisitas bersama K/L disambut baik oleh Kepala Koperasi Nelayan, Moh. Sidra Sehe. Kepala Koperasi Nelayan dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terimakasih kepada BNPT dan Tim Sinergisitas antar K/L karena telah memberikan perubahan masyarakat di sekitar Koperasi Nelayan. “Terimakasih kepada BNPT dan Kementerian/Lembaga, pada awalnya saat kami mendirikan sebuah koperasi, kami tidak berpikir akan bersinergi dengan pihak BNPT ataupun instansi lain. Dengan diberikannya bantuan untuk koperasi nelayan ini, kita dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat jika membutuhkan alat tangkap ikan. BNPT secara tepat merespon kebutuhan kami dengan program-program mereka untuk merangkul kami untuk mengembangkan Koperasi ini,” tutur Kepala Koperasi Nelayan.

Sesuai rencana aksi yang telah ditetapkan sebelumnya, Kementerian Sosial akan menerapkan program keserasian sosial dalam upaya program penanggulangan terorisme di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Pondok Pesantren Islam Amanah Putra. Dalam program tersebut Kementerian Sosial akan memberian dana yang dapat digunakan untuk kegiatan kelompok pemuda di sekitar Koperasi Nelayan dan membuat balai pertemuan warga untuk masyarakat Koperasi Nelayan.

Agus Purwanto selaku Kabag Data dan Pelaporan sekaligus perencana operasi sinergisitas menjelaskan bahwa selain memberikan bantuan berupa bahan bangunan, Tim Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga akan mempertimbangkan usulan dari Koperasi Nelayan mengenai permohonan kapal yang akan di laporkan kepada Kementerian/Lembaga yang terkait. “Dengan bantuan yang kami berikan, kami berharap agar koperasi ini bisa mandiri dan menyejahterakan anggotanya, sehingga bantuan yang di berikan koperasi  jangkauannya menjadi ini semakin besar bahkan bisa membuat cabang-cabang yang lain. Intinya BNPT akan membantu meneruskan permohonan usulan-usulan yang di butuhkan oleh koperasi nelayan,” ujar Agus Purwanto

Hendro Wicaksono selaku Kasi Bina Dalam Masyarakat BNPT yang juga ikut mendatangi Koperasi Nelayan menyampaikan bahwa melalui program dan kegiatan seperti ini, BNPT akan memberikan perhatian dan merangkul mantan napiter yang ada di Kabupaten Poso. “Bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga, kami akan berusaha untuk merangkul masyarakat dan memperhatikan mantan pelaku terorisme dengan cara memberikan bantuan-bantuan seperti yang telah diberikan kepada Koperasi Nelayan ini,” ujar Hendro Wicaksono.

Menutup kegiatan di Koperasi Nelayan, Tim sinergisitas yang diwakili oleh Staf Ahli Kementerian ESDM, Sampe L Purba, menyerahkan bantuan pemenuhan sarana kontak berupa bahan bangunan yang akan digunakan untuk membangun Koperasi Nelayan tesebut kepada Kepala Koperasi Nelayan, Moh Sidra Sehe.