Jakarta – Jerman dan Indonesia memiliki hubungan yang terjalin lama dalam hal penanggulangan terorisme. Termasuk dalam kerja sama antara kedua negara, kunjungan kerja menjadi bagian dari program kerja sama. Usai mengunjungi Jerman beberapa saat lalu, kini Presiden Bundeskriminalamt (BKA) mengunjungi Indonesia menemui Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. dan jajaran BNPT.

Bertempat di Kantor BNPT Jakarta, jajaran BNPT menerima kunjungan delegasi Bundeskriminalamt Jerman pada Senin (1/7) siang. Delegasi Bundeskriminalamt yang dipimpin oleh Wakil Presiden BKA Jerman Michael Kretschmer disambut oleh Kepala BNPT. Turut mendampingi Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Hendri P. Lubis, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Irjen. Pol. Drs. Budiono Sandi, M.Hum., Plt. Deputi Kerja Sama Internasional, Brigjen TNI (Mar.) Yuniar Ludfi dan para direktur.

Menyambangi Kantor BNPT Jakarta, jajaran pimpinan BNPT memperkenalkan diri serta menjelaskan secara singkat tugas pokok dan fungsi masing-masing. Usai perkenalan, delegasi Bundeskriminalamt dan jajaran pimpinan BNPT melanjutkan pertemuan dengan makan siang bersama.

Dalam pertemuan ini, para delegasi membahas kerja sama lebih lanjut antara BKA dengan BNPT. Demikian yang disampaikan Wapres BKA Jerman, Michael Kretschmer di akhir pertemuan. Menurutnya, hubungan kerja sama yang dimiliki Indonesia-Jerman penting untuk terus terjalin.

“Agenda hari ini adalah melakukan penyusunan kerja sampa lebih lanjut dalam lingkup penanggulangan dan pencegahan terorisme. Indonesia memiliki pendekatan yang baik dalam hal ini, khususnya BNPT. Dan penting bagi kami untuk memiliki hubungan kerja sama dan rasa persaudaraan yang baik. Kami mencoba untuk membuat kerja sama ini lebih baik dan kami yakin akan bisa mencapai lebih baik lagi,” tutur Michael.

Lebih lanjut mantan Sekretaris Lemhannas membenarkan adanya penyusunan kerja sama lebih lanjut. Adapun kerja sama ini berbentuk seperti pertukaran pengalaman dan tenaga ahli dengan jerman dalam hal kontra-terorisme. Pertemuan ini juga sekaligus menjadi bibit pembicaraan acara level internasional mendatang yang akan dituanrumahi oleh Jerman.

“Jerman saat ini menghadapi permasalahan kontra terorisme yang signifikan. Kita akan melaksanakan pertukaran expertise dan akan melakukan seminar internasional yang akan dihadiri negara-negara dunia. Rencananya Jerman akan menjadi Host dan Indonesia akan menjadi co-host-nya,” ujar Kepala BNPT.

Kunjungan kedua pimpinan baik Kepala BNPT atau Wakil Presiden Bundeskriminalamt ke antar negara memang telah terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Sebelum kunjungan ini, Wapres BKA beserta delegasi telah meninjau pusat deradikalisasi binaan BNPT yang terletak di Sei Mencirim, Medan.