Sentul – Demi menciptakan kondisi Reformasi Birokrasi (RB) yang baik dan semakin berkualitas di lingkungan BNPT, Sekretaris Utama BNPT Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi S.T., M.M. mengadakan Sosialisasi Pedoman Penilaian Strategi Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah(SPIP) di lingkungan BNPT.

Sosialisasi yang melibatkan seluruh jajaran pejabat BNPT tersebut diadakan di Gedung A Kantor BNPT Sentul pada Senin (2/7) pagi. Hadir dalam sosialisasi sebagai narasumber ialah Deputi Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pengembangan (BPKP) Bidang Polhukam PMK, Ernadhi Sudarmanato, Ak., M.M., M.Ak., QIA, dan Direktur PLP Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Doddy Setiadi, beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Sestama BNPT mengatakan tujuan dari diadakannya Sosialisasi serta pengundangan narasumber ialah untuk membantu memperbaiki implementasi tugas dan fungsi BNPT. Menurutnya, kinerja dan prestasi BNPT sudah menunjukkan kemajuan hingga menembus kancah Internasional. Namun demikian, penyempurnaan RB di lingkungan BNPT terus menjadi perhatian.

Lebih lanjut, Marsda Adang menjelaskan mengenai program nasional BNPT. Berbagai ancaman dan bentuk terorisme serta kejadian-kejadian aksi teror menuntut BNPT untuk melakukan penanggulangan nyata. Program-program dari tiap Kedeputian BNPT, program Sinergitas lintas K/L, dan berbagai program lainnya dijelaskan oleh Marsda Adang dalam rangka memberikan pemahaman atas upaya nyata BNPT dalam penanggulangan terorisme.

Marsda Adang juga turut menyampaikan tentang kebijakan, strategi, dan program nasional BNPT dalam penanggulangan terorisme yang mengacu pada Undang-undang yang baru disahkan, yaitu UU No. 5 Tahun 2018, di mana pada bidang pencegahan terorisme ditekankan pada tiga aspek, yaitu Kontra Radikalisasi, Deradikalisasi, dan Kesiapsiagaan Nasional.

Sosialisasi dilanjutkan dengan paparan penilaian maturitas SPIP. Pengawasan SPIP yang baik tentunya mendukung program peningkatan RB. Menentukan tingkat maturitas SPIP dilakukan dengan melibatkan pengguna Inspektorat sebagai Quality Assurance dan BPKP sebagai pembina. Sosialisasi diharapkan dapat mendorong BNPT mencapai target pemerintah yaitu mencapai Level 3 menurut RPJSM SPIP dan APIP.