PALEMBANG – Guna meningkatkan sinergitas dan koordinasi stakeholder kewilayahan dalam rangka penanggulangan terorisme yang terintegrasi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar latihan mitigasi aksi terorisme integratif antar Kementerian, Lembaga, Dinas, Instansi, Polri, TNI, dan Sistem Informasi Crisis Center selama 7 hari di Palembang, Sumatera Selatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pengurangan risiko terjadinya ancaman dan serangan terorisme, pada kegiatan pesta olahraga Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2018 mendatang di kota Palembang.

Upacara penutupan latihan mitigasi aksi terorisme yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., berlangsung meriah. Kepala BNPT selaku inspektur upacara memimpin sebanyak 185 peserta untuk mengikuti kegiatan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang Sumatera Selatan pada Rabu (1/11/18).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pejabat eselon 1 dan 2 BNPT, diantaranya Sekertaris Utama (Sestama) BNPT Mayjen TNI R. Gautama Wiranegara, S.E., Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Irjen Pol. Drs. Arief Dharmawan, S.H., M.M., M.H., Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT, Irjen Pol. Drs. Hamidin, Inspektur BNPT, Dr. Amrizal, M.M., Kepala Biro Umum BNPT, Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, Direktur Penindakan BNPT Brigjen Pol. Drs. Torik Triyono, MSi., Direktur Perangkat Hukum Internasional Brigjen (Mar) TNI Yuniar Ludfi, dan Kasubdit Intelijen Kombes Pol. Alexander Sabar. Selain pejabat BNPT, turut hadir Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Zulkarnain, Gubernur Sulawesi Selatan, Alex Noerdin, dan Kasdam II/ Sriwijaya.

Dalam sambutannya, Kepala BNPT yang juga mantan Kabareskrim Polri mengapresiasi para peserta yang mengikuti kegiatan ini. “Kami mengapresiasi antusiasme saudara-saudara dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan (peserta) mampu mengambil keputusan dalam bertindak terkait persoalan serangan dan ancaman terorisme, ” ungkap Suhardi.

“Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru tentang kesiapsiagaan dalam menanggulangi terorisme, apalagi menjelang Asian Games 2018,” kata Kepala BNPT.
Pada kegiatan ini Kepala BNPT berharap agar seluruh stakeholder terkait bisa saling bahu membahu dan bekerja sama untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka menghadapi radikalisme serta penanggulangan terorisme.

“Penanggulangan terorisme merupakan tugas segenap bangsa, sinergitas antar stakeholder menjadi penting, diskusi dan komunikasi tentang materi yang diperoleh dari kegiatan ini menjadi kesempatan untuk para peserta untuk saling bekerja sama dalam menanggulangi terorisme,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, berterima kasih kepada BNPT, TNI, serta Polri yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini bisa membangun kesiapsiagaan dan antisipasi terkait pengamanan dari serangan terorisme jelang Asian Games 2018 mendatang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada BNPT, TNI, dan Polri atas terselenggaranya pelatihan mitigasi ini. Saya harapkan sebelumnya kegiatan Asian Games 2018 berlangsung, bisa dilakukan latihan dan evaluasinya lagi,” kata Alex Noerdin saat diwawancarai awak media.