Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, akuntabel, dan terintegrasi salah satunya melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government, merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat secara digital. Hal ini menjadi kunci kesiapan pemerintah dalam menghadapi persaingan global di era revolusi industri 4.0, yaitu dengan membangun iklim kerja yang memanfaatkan peluang positif kehadiran teknologi.

Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi hadir mewakili BNPT dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta (28/3). Acara dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri PAN-RB, Drs. Syafruddin, M.Si. Sementara itu, Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas turut hadir memberikan pidato kunci.

Evaluasi seperti ini terus dilakukan secara berkesinambungan guna mengetahui capaian kemajuan implementasi SPBE di tiap instansi. Hal ini juga disertai dengan pemberian saran dan perbaikan terhadap masing-masing instansi untuk meningkatkan kualitas kinerja sesuai permasalahan yang dihadapi.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dalam sambutannya berharap bahwa kedepannya sosialisasi sistem ini terhadap masyarakat harus lebih dimaksimalkan lagi. Sinkronisasi dan integritas lewat SPBE perlu ditingkatkan dalam satu jaringan nasional yang terpadu. Hal ini dapat mendorong kecepatan dan ketepatan pelayanan kepada publik. Diharapkan dengan hal ini, tidak hanya menjadi jembatan antara pemerintah pusat dan daerah namun juga dapat menciptakan harmonisasi birokrasi antar institusi pemerintah.

Ditemui saat acara berlangsung, Sestama BNPT memberikan apresiasi atas dilaksanakannya Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE oleh Kementerian PANRB. Sestama BNPT menilai bahwa SPBE berperan penting menjadi tolak ukur keefektifan kinerja pemerintah. Beliau menambahkan bahwa BNPT akan melakukan koordinasi dengan Kementerian maupun Lembaga terkait mengenai peningkatan kualitas SPBE sebagai tindaklanjut dari penilaian dan evaluasi yang telah diberikan atas pelaksanaan dan implementasi SPBE yang telah mendukung tugas dan fungsi BNPT selama ini.