Bogor – Pada perayaan ulang tahun BNPT yang ke-7 Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja BNPT yang sudah berjalan menginjak 7 tahun.

“Saya pribadi ucapkan selamat kepada Pak Suhardi Alius, yang banyak memberikan andil luar biasa dari berbagai negara, dalam menanggulangi terorisme,” kata Wiranto dalam sambutannya di Kantor BNPT Sentul, Bogor, Jawa barat pada Senin (17/7/17).

Menkopolhukam juga menegaskan kini terorisme sudah menjadi musuh dunia. Untuk itu melawan teroris tidak bisa sendirian.

“Dalam melawan teroris tidak bisa sendirian banyak negara yang sudah sepakat, tidak hanya dihadapi setiap negara tetapi bekerjasama antar negara,” tegas Wiranto.

Sementara itu, Wiranto menyatakan hal yang perlu dilakukan untuk menanggulangi teroris diantaranya bersinergi dengan bekerja sama untuk pencegahan terorisme, tak hanya antar pemerintah namun juga negara lain dan masyarakat. Kedua Total yakni harus mencegah masuknya teroris melalui sistem pendidikan, sisitem ekonomi, hingga sistem cyber.  Serta poin ketiga yakni serius, dengan keseriusan melawan terorisme dengan keseriusan.

“Untuk melawan teroris diperlukan sinergi, total, dan serius melakukan penaggulangannya di negara bahkan tingkat dunia,” ujarnya.

Selain menkopolhukam, acara peringatan HUT BNPT juga dihadir menteri dalam negeri Tjahyo Kumolo, sejumlah tokoh Islam diantaranya Yenny Wahid, dan kedutaan besar.

Para undangan yang hadir dalam acara ini mengharapan BNPT di usia 7 tahun ini semakin profesional dalam menanggulangi terorisme.