Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius M.H. menyambut kunjungan dari Assistant Commissioner for International and National Security Selandia Baru, Michael Pannet yang didampingi para pejabat Kedutaan besar Selandia Baru, di salah satu Gedung Kementerian di kawasan Jakarta Pusat, pada Rabu (02/08/17) pagi.

Dalam kunjungan kehormatan tersebut, Michael Pannet mengapresiasi langkah BNPT karena telah sukses melakukan pertemuan yang dihadiri delegasi dari negara Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Australia dan Selandia Baru di Manado pada Sabtu (29/7/2017) lalu.

Pembahasan dari pertemuan ini seputar pengalaman tentang masing-masing negara antara Indonesia dan Selandia Baru dalam penanggulangan terorisme. Pasalnya, terorisme telah menjadi ancaman global di seluruh dunia yang memerlukan kolaborasi berbagai negara dalam melakukan program penanggulangan terorisme. Foreign Terrorist Fighters menjadi pokok yang dibicarakan dalam kewaspadaan terhadap ancaman teroris asing pasca operasi militer Filipina di Marawi.

Indonesia – Selandia Baru juga menyatakan adanya kemiripan terkait pandangan dalam langkah pendekatan lunak, untuk merangkul keluarga yang dekat dengan kelompok radikalisme.

Dari hasil pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk saling membantu memperkuat koordinasi dalam penanggulangan terorisme.