Bogor –  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar acara peringatan ulang tahun yang ke- 7 di halaman kantor BNPT Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa barat pada Senin (17/7/2017). Perayaan ulang tahun ini mengusung tema “Kita Wujudkan Indonesia Damai Dalam Bingkai Kebhinnekaan”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan hari jadi yang ke- 7 BNPT mengundang sejumlah pejabat dari kementerian, mantan kepala dan pejabat BNPT, tokoh-tokoh Islam, tokoh agama, dan kedutaan besar.

Perayaan ulang tahun yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB berlangsung meriah, dibuka secara apik oleh penyanyi Kikan dan juga seni pertunjukan tarian kebhinnekaan. Suasana suka cita dan kekeluargaan mewarnai acara peringatan ulang tahun BNPT yang ke-7.

Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Drs. Suhardi Alius, M.H, dalam sambutannya menegaskan akan lebih bersinergi dengan kelembagaan kementerian dalam menanggulangi terorisme untuk Indonesia damai wujudkan kebhinnekaan. Kepala BNPT juga menyatakan berbagai prestasi yang telah diwujudkan BNPT dalam menanggulangi terorisme.

“Prestasi kinerja BNPT tidak hanya dari tingkat nasional saja tapi juga sudah melalui skala Internasional. Kami dapat banyak undangan dari PBB dan parlemen Uni Eropa” kata Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius melalui isi sambutannya.

Selain itu mantan Kabareskim Polri menilai tantangan terorisme ini tidak akan pernah surut dalam keamanan masyarakat, namun kita harus menjaga keutuhan NKRI dalam menangkal terorisme. Menurutnya penanggulangan terorisme tak menjadi tugas pemerintah saja tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

“Penanggulangan terorisme bukan tugas pemerintah, tapi seluruh lapisan masyarakat yang mampu penguatan sinergi lembaga masyarakat dalam menanggulangi terorisme,” ucap alumni Akpol 1985.

Komjen Pol Suhardi Alius juga tegaskan berdasarkan pendekatan ada 3 dalam menanggulangi terorisme.

“Berdasarkan pendekatan 3 bidang pencegahan, penindakan, kerjsama internasional, serta melakukan startegi kontra deradikalisasi upaya untuk penangkalan dari pengaruh radikal,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Komjen Pol. Suhardi Alius juga memotong tumpeng sebagai simbol rasa syukur dalam segala pencapaian BNPT yang di hari ulang tahun yang ke-7. Mantan Kapolda Jawa barat ini juga berharap BNPT secara professional bekerja sehingga BNPT dapat terus berjalan dengan baik sesuai fungsinya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa serta rangkaian acara hiburan yang diisi oleh penyanyi Indonesia Kikan dan Dewi Yul.