Bogor – Bertepatan dengan upacara hari Pahlawan Nasional yang digelar BNPT, BNN kunjungi BNPT untuk mensosialisasikan pesan anti narkoba. Hal ini merupakan bagian dari rangkaian program Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh BNN bagi Kementerian/Lembaga.

Bertempat di Gedung B, Kantor BNPT, Bogor paparan diberikan pada Senin (12/11) pagi tepat usai ratusan pegawai BNPT menjalani tes urine bebas narkoba. Paparan yang diberikan oleh Analis Direktorat Peran Serta Masyarakat, dr. Arif Riadi Arifin, MARS, Sp.P mengangkat tema “Narkoba dan Adiksi”.

Sebelum paparan dimulai, sambutan Sestama BNPT, Marsda TNI. Dr. A. Adang Supriyadi, S.T., M.M., yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Kepegawaian BNPT, Suniah Setyawati, S.Kom., M.M. Disampaikan dalam sambutan akan pentingnya sosialisasi P4GN.

“Sosialisasi dan Tes Urine sebagai program P4GN patut dilakukan secara periodik demi kebersihan dan keamanan lingkungan kerja dan masyarakat dari aktivitas yang membahayakan dan merugikan seperti Narkoba,” ujar Kabag Kepegawaian.

Pada sesi paparan, dijelaskan bahwa Adiksi (kecanduan) terhadap narkoba merupakan sebuah penyakit. Dikatakan pula bahwa penyalahgunaan narkoba dapat terjadi kepada siapa saja dengan berbagai faktor.

“Penyalahgunaan narkoba bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya faktor pertemanan. Yang awalnya hanya mencoba menggunakan tapi probabilitas ketergantungan narkoba setelah itu tinggi. Ini harus diwaspadai dan dikenali gejalanya di lingkungan sekitar,” ujar dr. Arif Riadi Arifin.

Dengan Sosialisasi dan Tes Urine P4GN diharapkan pegawai BNPT menjadi Penggiat Anti Narkoba di lingkungan kerja, keluarga dan masyarakat. Kemampuan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba di kalangan pertemanan, diri sendiri serta kesadaran akan bahayanya diharapkan tumbuh di tengah pegawai BNPT.